• Dinas mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi, perencanaan, pembinaan teknis, pengawasan dan mengendalikan serta merumuskan kebijakan teknis penyelenggaraan tugas desentralisasi di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi :
  1. perumusan program kerja dan kebijakan teknis dibidang perpustakaan dan kearsipan;
  2. mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dan pelaksanaan tugas dibidang perpustakaan dan kearsipan;
  3. membina bawahan di lingkungan kerja dinas perpustakaan dan kearsipan dan membimbing secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan;
  4. mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan kerja dinas perpustakaan dan kearsipan sesuai dengan tugas, tanggungjawab, permasalahan dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. merumusan kebijakan teknis pelaksanaan standarisasi dan kompetensi jabatan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  6. melaksanakan sosialisasi pedoman, petunjuk teknis pelaksanaan standarisasi dan kompetensi jabatan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar terdapat kesamaan persepsi dan komitmen;
  7. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan kerja dinas perpustakaan dan kearsipan dengan cara membandingkan antara program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana kerja yang akan datang;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga baik secara lisan maupun tertulis; dan
  9. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas dinas perpustakaan dan kearsipan.

 

Sekretaris 

  • Sekretaris mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan dalam penyelenggaraan tugas-tugas dibidang pengelolaan pelayanan kesektariatan yang meliputi pengkoordinasian, penyusunan program, pengelolaan keuangan dan aset serta pengelolaan administrasi kepegawaian dan umum.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sekretaris menyelenggarakan fungsi :
    1. penyiapan dan merencanakan operasional penyelenggaraan kegiatan dibidang Kesekretariatan Dinas;
    2. penyiapan dan mendistribusikan tugas penyelenggaraan kegiatan dibidang Kesekretariatan Dinas;
    3. penyiapan serta memberi petunjuk operasional atas penyelenggaraan kegiatan dibidang Kesekretariatan Dinas;
    4. penyiapan dan melakukan pengkoordinasian terhadap penyelenggaraan kegiatan pada masing-masing bidang;
    5. penyiapan pembinaan organisasi melalui pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan sumber daya aparatur Dinas;
    6. penyiapan pengelolaan administrasi dan aset-aset Dinas;
    7. mengevaluasi pelaksanaan tugas penyelenggaraan program dibidang Kesekretariatan Dinas;
    8. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
    9. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas dibidang Kesekretariatan Dinas.

 

 

  • Sub Bagian Penyusun Program, Keuangan dan Aset mempunyai tugas menyiapkan bahan pembinaan dan koordinasi, menganalisis serta melakukan pemantauan dan evaluasi atas penyelenggaraan kegiatan dibidang Penyusun Program, Keuangan dan Aset.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sub Bagian Penyusun Program, Keuangan dan Aset menyelenggarakan fungsi :
  1. mengelola administrasi, menyiapkan dan menghimpun bahan dan data pada bidang-bidang dalam rangka penyusunan program, keuangan dan aset tahunan Dinas;
  2. menyiapkan dan menghimpun bahan penyusunan perencanaan strategis Dinas;
  3. menyiapkan pedoman dan petunjuk pelaksanaan kegiatan dibidang penyusun program, keuangan dan aset Dinas;
  4. menyusun, mengelola dan menganalisa sumber-sumber pendapatan Dinas dan pengeluaran keuangan serta perlengakapan dan aset Dinas;
  5. melaksanakan penyelenggaraan pembukuan keuangan Dinas;
  6. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Penyusun Program, Keuangan dan Aset;
  7. membimbing pelaksanaan tugas bawahan dilingkungan Sub Bagian Penyusun Program, Keuangan dan Aset;
  8. mengkoordinasikan hasil penyusunan dan program dinas kepada bidang-bidang melalui Sekretaris Dinas;
  9. melakukan evaluasi dan pelaporan atas penyusunan perencanaan dan program Dinas;
  10. menyusun laporan tahunan (LAKIP, LKPJ, LPPD, LKPD) serta dokumen lainnya yang diwajibkan yang menjadi tanggungjawab Dinas dibidang penyusun program, keuangan dan aset;
  11. melaksanakan dan menyusun laporan administrasi tahunan dibidang keuangan dan aset serta dokumen lainnya yang diwajibkan dan menjadi tanggungjawab Dinas dibidang Penyusun Program, Keuangan dan Aset;
  12. melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  • menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Sub Bagian Penyusun Program, Keuangan dan Aset.

 

  • Sub Bagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas menyiapkan bahan pembinaan dan koordinasi, serta menyelenggarakan kegiatan pengelolaan naskah dinas, perlengkapan rumah tangga, kebersihan, keamanan dan ketertiban serta administrasi kepegawaian.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sub Bagian Kepegawaian dan Umum menyelenggarakan fungsi :
  1. melaksanakan pengelolaan administrasi, menyusun rencana kerja tahunan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
  2. melaksanakan dan menyiapkan bahan serta data, membuat usulan rencana program serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
  3. menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, petunjuk teknis serta petunjuk pelaksanaan penyusunan program serta mengumpulkan data dan melakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja Dinas;
  4. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data, mengklasifikasikan serta menganalisis penataan kepegawaian;
  5. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data serta membuat usulan pembuatan Kartu Pegawai (KARPEG), Kartu TASPEN, Asuransi Kesehatan (ASKES), Kartu Suami/Istri (KARSU/KARSI);
  6. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data serta usulan peralihan status dari CPNS menjadi PNS;
  7. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data serta usulan formasi/jabatan CPNS, mutasi pegawai dan mutasi jabatan wilayah kerja (TOUR OF AREA) maupun mutasi jabatan antar unit kerja (TOUR OF DUTY);
  8. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data serta membuat Daftar Susunan Jabatan (DSJ), Daftar Susunan Pegawai (DSP);
  9. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data Peraturan Perundang-Undangan petunjuk teknis dalam menyelenggarakan pembinaan disiplin pegawai dan menghimpun Daftar Hadir dan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan;
  10. melaksanakan dan menyiapkan buku mutasi, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), mengupayakan kesejahteraan pegawai dan menghimpun laporan Pembayaran Pajak Penghasilan(LP2P);
  11. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan data pegawai yang ikut program tugas belajar, izin belajar dan cuti pegawai;
  12. melaksanakan pembagian tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan dan Aset;
  • melaksanakan dan membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
  1. melaksanakan penyusunan laporan administrasi tahunan dibidang Kepegawaian dan Umum serta dokumen lainnya yang diwajibkan yang menjadi tanggungjawab  Dinas dibidang Kepegawaian dan Umum;
  2. melaksanakan evaluasi serta pelaporan tentang kepegawaian dan umum Dinas;
  3. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  4. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Sub Bagian Kepegawaian dan Umum.

 

 

Bidang Pembinaan Dan Pengembangan Perpustakaan

 

  • Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Perpustakaan dan Kearsipan meliputi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka, layanan sirkulasi, otomasi dan alih media serta deposit dan konservasi.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan menyelenggarakan fungsi :
  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan;
  3. penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan;
  4. penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang  Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan;
  5. Pelaksanaan pembinaan evaluasi dan pengembangan perpustakaan meliputi semua jenis perpustakaan, implementasi norma, standar, dan prosedur, pendataan perpustakaan serta koordinasi pengembangan urusan perpustakaan;
  6. Pelaksanaan pengelolaan bahan perpustakaan meliputi deskripsi bibliografi, klasifikasi, penetuan tajuk subjek, penyelesaian fisik bahan perpustakaan verifikasi, validasi dan konservasi;
  7. Pelaksanaan layanan dan kerja sama perpustakaan, meliputi layanan sirkulasi, rujukan, literasi informasi, bimbingan pemustaka dan layanan ekstensi (perpustakaan keliling, pojok baca dan sejenisnya) kerjasama antar perpustakaan dan membangun jejaring perpustakaan;
  8. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  9. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan.

 

  • Seksi Pembinaan, Pengembangan IT serta Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, serta pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka.

 

  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka menyelenggarakan fungsi :
  1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program kerja tahunan Seksi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;
  2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;
  3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;
  4. menyelenggaraan penyusunan rencana dan program kerja Seksi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka;
  5. Pengelolaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, menggugah data informasi kearsipan dan perpustakaan kedalam sistem informasi;
  6. Penerimaan, pengolahan dan verifikasi bahan perpustakaan;
  7. Penyusunan deskripsi biblioografi, klasifikasi, penetuan tajuk subjek; penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan verifikasi, validasi, pemasukan data ke pangkalan data;
  9. Penyusunan literatur sekunder;
  10. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  11. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi pembinaan, pengembangan IT serta pengolahan dan pelestarian bahan pustaka.

 

  • Seksi Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, serta pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi layanan sirkulasi, otomasi dan alih media.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media menyelenggarakan fungsi :
  1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program Kerja Tahunan Seksi Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media;
  2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media;
  3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media;
  4. menyelenggaraan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media;
  5. Pengoordinasian penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, BUMD, instansi terkait dan masyarakat;
  6. Penyelenggaraan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi dan layanan pinjam antar perpustakaan;
  7. Pelaksanaan promosi layanan serta pengembangan dan pengelolaan kerja sama antar perpustakaan dan jejaring perpustakaan;
  8. Penyelenggaraan layanan ekstensi (perpustakaan keliling);
  9. Pengelolaan dan pengembangan perangkat keras, lunak, dan pangkalan data;
  10. Pengelolaan dan pengembangan website serta jaringan otomasi perpustakaan;
  11. Pelaksanaan pelestarian isi/nilai informasi bahan perpustakaan dalam bentuk mikrofilm maupun digital;
  12. Pelaksanaan perekaman, pencucian, dan penduplikasian bahan perpustakaan;
  13. Pemasukan data serta pemeliharaan dan penyimpanan master reprografi fotografi, dan digital;
  14. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  15. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi Layanan Sirkulasi, Otomasi dan Alih Media

 

  • Seksi Deposit dan Konservasi mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi deposit dan konservasi.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  Deposit dan Konservasi menyelenggarakan fungsi :
  1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program Kerja Tahunan Seksi Deposit dan Konservasi;
  2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang deposit dan konservasi;
  3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi Deposit dan Konservasi;
  4. menyelenggaraan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Deposit dan Konservasi;
  5. Penerimaan, pengumpulan, pengelolaan hasil serah simpan karya cetak dan rekam;
  6. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan serah simpan karya cetak dan karya rekam;
  7. Pengoordinasian pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam dengan penerbit, perangkat daerah, BUMD, instansi terkait, dan masyarakat;
  8. Pelaksanaan survei kondisi bahan pustaka;
  9. Pelaksanaan fumigasi bahan perpustakaan;
  10. Pembersihan debu, noda, dan selotape dan pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;
  11. Pembuatan folder, pamflet binding, dan cover;
  12. Penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;
  13. Pembuatan map dan portepel;
  14. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  15. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi Deposit dan Konservasi.

 

Bidang Pembinaan Dan Pengembangan Kearsipan

 

 

  • Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pembinaan dan pengembangan kearsipan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan menyelenggarakan fungsi :
  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan;
  2. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan;
  3. penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan;
  4. penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan;
  5. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan;
  6. Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan dan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pengawasan kearsiapan;
  7. Melaksanakan kebijakan di bidang kearsipan dan pelaksanaan sosialisasi kearsipan;
  8. Penyiapan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan;
  9. Pemberian dukungan teknis kepada perangkat daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat di bidang kearsipan;
  10. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  11. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan.

 

 

  • Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pengelolaan arsip dinamis.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  Pengelolaan Arsip Dinamis menyelenggarakan fungsi :
    1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program Kerja Tahunan Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;
    2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang Pengelolaan Arsip Dinamis;
    3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;
    4. menyelenggaraan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis;
    5. Melakukan pembinaan kepada unit pengolah dalam menyampaikan daftar arsip aktif kepada unit kearsipan paling lama 6 (enam) bulan setelah pelaksanaan kegiatan;
    6. Pengelolaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, menggugah data informasi kearsipan dan perpustakaan kedalam sistem informasi;
    7. Penyediaan akses dan layanan informasi kearsipan melalui SIKN (sistem informasi kearsipan nasional) dan JIKN (jaringan informasi kearsipan nasional);
    8. Evaluasi secara berkala terhadap penyelenggaraan SIKN dan JIKN sebagai simpul jaringan dan menyampaikan hasilnya kepada pusat jaringan nasional;

 

  1. Menyediakan, mengolah, dan penyajian arsip Inaktif untuk kepentingan pengunaan internal dan kepentingan publik;
  2. Melakukan pemeliharaan arsip inaktif melalui kegiatan penataan dan penyimpanan arsip inaktif;
  3. Melakukan pengaturan fisik arsip, pengolahan informasi arsip dan penyusunan daftar arsip inaktif;
  4. Melakukan pemindahan arsip inaktif dilingkungan pemerintahan daerah;
  5. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
  6. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis.

 

  • Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi akuisisi, pengolahan dan preservasi arsip.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip menyelenggarakan fungsi :
    1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program Kerja Tahunan Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip;
    2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang akuisisi, pengolahan dan preservasi arsip;
    3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip;
    4. menyelenggaraan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip;
    5. melaksanakan monitroring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip;
    6. melaksanakan persiapan penetapan status arsip statis;
    7. mengusulkan pemusnahan arsip;
    8. melaksanakan persiapan penyerahan arsip statis;
    9. menerima fisik arsip dan daftar arsip;
    10. melaksanakan penataan informasi arsip statis;
    11. melaksanakan penataan fisik arsip statis;
    12. menyusun guide, daftar, dan inventaris arsip statis;
    13. melaksanakan penyimpanan, pemeliharaan, dan perlindungan arsip statis;
    14. melaksanakan perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana;
    15. melaksanakan alih media dan reproduksi arsip statis;
    16. melaksanakan pengujian autensititas arsip statis;
    17. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
    18. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Preservasi Arsip.

 

  • Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi layanan dan pemanfaatan arsip statis.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi  Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis menyelenggarakan fungsi :
    1. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan penyusunan Program Kerja Tahunan Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis;
    2. menyiapkan dan menghimpun Peraturan Perundang-Undangan, pedoman, dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dibidang Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis;
    3. menyiapkan bahan dan data dalam rangka pembahasan kebijakan teknis Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis;
    4. menyelenggarakan penyusunan rencana dan program kerja Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis;
    5. melaksanakan, layanan arsip dinamis, layanan arsip statis;
    6. penyajian informasi, penelusuran arsip statis;
    7. menyiapkan bahan dan data dalam rangka penertiban naskah sumber arsip;
    8. melaksanakan pameran arsip statis dan mengelola pengaduan masyarakat;
    9. melaksanakan dan melakukan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis; dan
    10. menyiapkan bahan, menyusun dan menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas Seksi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis.